Friday, April 17, 2015

Professional Gamer

Seperti yang tertulis di judul disini saya akan membahas tentang Professional Gamer. Pertama saya akan membahas tentang bagaimana masyarakat Indonesia memandang seorang gamer. Mayoritas masyarakat Indonesia (Terutama para Orang Tua) biasa nya menyamaratakan semua gamers, mereka menganggap bahwa Games hanyalah untuk anak kecil dan dapat berpengaruh buruk kepada kepribadian seseorang.

Memang ada beberapa gamers yang mempunyai beberapa kepribadian yang buruk akibat dari games yang mereka mainkan akan tetapi tidak semua gamers seperti itu, itu semua tergantung dari seorang gamers tersebut menganggap atau memandang bahwa games itu  adalah sebuah Fantasi, sebuah Pekerjaan ataupun Dunia nyata nya. Tetapi sekali lagi tolong jangan menyamaratakan semua gamers.

Sekarang saya akan membahas tentang E-Sport (Electronic Sports). E-Sport adalah kegiatan atau turnamen video games. Sekarang sudah marak dengan Event atau Turnamen-turnamen video games dari tingkat regional hingga tingkat dunia. E-Sport diikuti oleh Pro-Gamer (Professional Gamer) dari seluruh dunia dengan Hadiah yang sangat besar. Ada beberapa genre yang biasa dijadikan sebuah turnamen diantara nya adalah FPS (First-Person Shooter) contoh Game nya adalah CS-GO, MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) contoh Game nya adalah League Of Legends ataupun DOTA 2.

Di beberapa negara seperti Korea, China, Taiwan, dan Singapore E-sports di negara tersebut sepenuhnya didukung oleh pemerintah negara melalui berbagai kementerian. Di indonesia sendiri Asosiasi E-Sport yang bernama IeSPA (Indonesia e-Sports Association) baru resmi di akui oleh pemerintah pada tahun 2014 dan telah menjadi anggota dari IeSF (International e-Sports Federation) dan saat ini IeSPA sedang mencoba mencari dukungan kepada KOI (Komite Olimpiade Indonesia) untuk memasukkan E-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade. Dengan adanya IeSPA ini saya berharap bahwa masyarakat Indonesia tidak menyamaratakan para gamers dan dapat membedakan mana Professional Gamer dan mana yang bukan. Selain dengan mengikuti turnamen-turnamen Pro-Gamer bisa juga mendapatkan uang dengan melakukan live stream di Twitch, semakin hebat nya seorang gamer dan para viewer menyukainya akan semakin banyak yang mensubscribe channel gamer tersebut dan mendapat kan uang.

No comments:

Post a Comment